UniqMag
spece

Hama Burung Menyerang, ini Yang Dilakukan Petani di Jember

berita terkini
Titin saat menjaga tanaman Padi dari hama burung dengan terompet.
Berita 1

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Ujian petani padi sebelum musim panen sangatlah beragam mulai dari hama wereng, walang sangit, keong mas, tikus hingga burung.

Penanganan dari gangguan hama pun bermacam-macam mulai menggunakan obat pestida hingga menggunakan cara-cara tradisional dilakukan petani agar mendapat hasil yang maksimal.

Khusus hama burung, menyerang tanaman pada fase masak susu sampai padi panen. Burung akan memakan langsung bulir padi yang sedang menguning sehingga menyebabkan kehilangan hasil secara langsung, selain itu burung juga mengakibatkan patahnya malai padi.

Pengendalian hama burung bisa dilakukan dengan cara pengusiran dengan membuat ajir berwarna merah di sekitar sawah atau dengan menggunakan tali-tali yang digantungi kaleng atau plastik untuk membuat suara yang dapat mengusir burung atau dengan menggunakan jaring yang dipasang di atas lahan sawah.

Seperti yang dilakukan Titin petani asal Kecamatan Umbulsari ini, memakai cara unik yaitu dengan terompet yang biasa dipakai para suporter bola. Menurutnya dengan cara meniup terompet dengan keras hama burungpun pergi.

"Cara ini lebih efektif dan lebih cepat dapat mengusir burung," terangnya, Selasa, (06/02).

Titin menambahkan, pada waktu Sore dan Pagi sekira pukul 06.00 WIB hama burung paling banyak menyerang padi, untuk itu Ia harus menjaga tanaman padinya hingga pukul Empat Sore selama 9 pekan,

"Ribuan burung kalau datang, kalau dibiarkan bisa tidak panen," pungkasny

Reporter : Puji SN
Editor :
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Sebanyak 226 Desa di Sumenep Akan Gelar Pilkades Serentak, DPMD Proses Pj

Komentar Anda