UniqMag
spece

Derita Wagira, Warga Miskin Jember Penderita Tumor Tulang

berita terkini
Gambar Ilustrasi
Berita 1

JEMBER, (suarajatimpost.com)  –  Seperti inilah keadaan Wagira, warga Dusun Krajan Kidul, Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember Jawa Timur. Benjolan di hidungnya semakin hari semakin membesar, nyaris wajahnya tidak terlihat.

Perempuan ini juga sempat viral di beberapa media massa baik elektronik, cetak maupun online beberapa tahun lalu memberitakan tentang penyakitnya.

Rasa sakit dan ngilu di bagian wajah dan kepala, harus dIderita selama bertahun-tahun. Dengan kondisi yang serba kekurangan, dirinya sempat memilih pasrah dengan penyakitnya

“Dari pada saya menyusahkan orang, saya lebih baik pasrah dengan penyakit saya. Mungkin ini sudah jadi takdir saya, jika saya harus mati saya rela,” ucap Wagira sambil meneteskan air mata.  

Dia mengakui, kalau dirinya sudah beberapa kali dibantu oleh beberapa pihak, dengan memberi sembako dan mengajak periksa ke dokter.

Bahkan, berapa kali dirinya dibawa oleh dinas dan pemerintah setempat ke Rumas Sakit Daerah dr. Soebandi. Namun, sampai hari ini belum juga ada perkembangan dan kelanjutan.

Menurutnya, ada juga yang hanya menjanjikan uang dan akan mendampingi untuk mengantarkannya ke rumah sakit sampai hari ini tidak kembali.

“Saya hanya diajak foto-foto dan bergaya di depan saya, ada juga yang meminta rekening.Sampai hari ini tidak ada apa-apa dan tidak kembali,” ucapnya.  

Hari Minggu (19/02/2018) siang, didampingi keluarga, Wagira bersedia dirujuk ke Rumah Sakit dokter Soetomo Surabaya, untuk menjalani pemeriksaan terakit penyakit yang dideritanya.

Alhasil, setelah didiagnosa dirinya harus mendapatkan penanganan intensif dari beberapa dokter poli. Salah satunya jalan, harus dioperasi.

Tentu, informasi itu sangat mengejutkan pihak keluarga. Selain menunggu jadwal operasi kontrol dan periksa, dirinya harus menanggung biaya hidup selama di Surabaya bersama keluarga.

Maklum saja, sang suami tercinta hanya bekerja sebagai pengyuh becak di Surabaya. Penghasilannya juga tidak tentu hanya cukup untuk makan sehari-hari saja.

Memang, bantuan yang diberikan Dinas Sosial Jember sedikit bisa membantu selama dirinya di sana.Tetapi, itu pun bisa cair setelah mendapatkan stempel dari Rumah Sakit dr.Sutomo baru uang itu bisa dicairkan.

“Ya, dapat 40 ribu setiap hari,“ jelas Kepala Dinas Sosial Jember, Isnaini Dwi Susanti lewat pesan singkatnya.

Hal yang paling dikeluhkan, selain biaya hidup, adalah biaya selama operasi. Karena tidak semua biaya BPJS bisa menanggungnya.

“Kita di Surabaya sedang mendampingi keluarga. Kata petugas di sana, ada deretan biaya yang harus dikeluarkan yang tidak masuk dan tercover di BPJS, ini yang masih kita pikirkan. Kami masih bingung dari mana kita dapat untuk membayar itu, ” papar Laili salah seorang warga Jember.

Kata dia, Ibu wagira sudah beberapa kali diperiksa dan dokter sudah mengeluarkan hasilnya, hanya tinggal beberapa tahap saja.

“Poli bedah umum, bedah kepala dan leher, bedah plastik, bedah mulut dan bedah mata, tinggal tahapan-tahapan lain. Setelah itu, baru tinggal menunggu jadwal operasinya. Semua ada resiko, saya tinggal kembalikan lagi pada keluarga, kami hanya mendampingi dan membantu saja,” jelasnya, saat dihubungi lewat pesan singkat, Rabu (21/02/2018)siang.

Kata Laili, sebelumnya sempat mengalami kesulitan untuk penginapan karena nyewa kos mahal. Beruntung, ada pihak (Yayasan Kangker Indonesia) YKI Jawa Timur, salah satu yayasan bersedia memberikan rumah singgah untuk Wagira dan keluarga.

“Kita mohon sambung do’anya, agar Ibu Wagira bisa sembuh dari penyakitnya dan apa yang menjadi kesulitan segera mendapatkan jalan,” pungkasnya.

Sementara salah seorang pengurus Yayasan Dana  Sosial Al- Falah (YDSF) Jember Deki Zulkarnain, mengaku siap membantu untuk mencarikan kebutuhan keluarga selama di Surabaya

“Kebetulan, yayasan kami bergerak di bidang sosial. Silahkan kalau ada pihak yang ingin membantu untuk menyalurkan donasi untuk Wagira lewat yayasan kami. Kami jamin amanah dan tidak kami potong sepeserpun, sekedarnya akan kita coba bantu,” katanya.

Pihak keluarga berharap, ada pihak-pihak dan dermawan  yang sudi membantu meringankan beban Wagira. Agar, apa yang menjadi mimpi kesembuhannya bisa lebih mudah.

Donasi bisa disalurkan ke Rekening Bank atas nama YAYASAN DANA SOSIAL AL- FALAH Bank Syariah mandiri  (7039969992) Bank Jatim Syariah ( 6131000610).

Untuk informasi dan konfirmasi pihak keluarga bisa menghubungi langsung di no Hp. 085101815288 atau YDSF : 085242673352.

 

Reporter : Imam Khairon
Editor :
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Dianggap Merusak Bangsa, Aksi 22 Mei Mendapat Kecaman Dari Ketua MUI Pasuruan

Komentar Anda