UniqMag
Diknas Jombang

Mbah Wakirah, Warga Bojonegoro yang Hidup Dalam Keterbatasan

berita terkini
Mbah Wakira saat dikunjungi Kapolsek menyerahkan Bantuan dari Kapolres
Berita 1

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) - Mbak Wakirah, warga Dusun Sidokumpul, Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro hidup sendirian dengan keterbatasan di tanah solo valey milik Balai Besar Wilayah Sungai Begawan Solo.

Untuk mempertahankan hidupnya, ia menunggu kiriman dari anaknya yang tinggal agak jauh dari orang tuanya dan kadang menunggu belas kasihan tetangga sekitar.

Keseharaiannya, mbah Wakira tidak bekerja, karena sudah lanjut usia, sehingga untuk mekana harus mengandalkan orang lain.

Muttabiin, Kades Leran Kalitidu menceritakan asal muasal mbah Wakirah menempati tanah solo Valey milik Balai 

"Mbah Wakirah itu dulunya punya tanah dan dijual serta diganti oleh pembelinya ke tanah solo valey itu," ujarnya.

Kepala Desa yang baru menjabat ini menjelaskan di Desa Leran hak pilihnya ada sekitar 6500 hak pilih, kalau diperkirakan,  untuk warga miskin dan lansia ada sekitar 200, untuk menunjang semua itu Kades leran Muttabiin berusaha melobikan dan mencarikan program-program CSR dari perusahaan.

"Sampai-sampai saya dijuluki kades Proposal demi warga lansia mas, karena apa dari pemerintah Daerah yang tercatat ya itu-itu saja yang mendapatkan, Sedangkan APBDes Leran 1,6 M, Sedangkan geografis daerah Leran dan jumlah penduduk tidak sama dengan Desa yang lainya," tambahnya.

Ditanya solusi untuk menyelamatkan Mbah Wakinah, Muttabiin akan berusaha mencari terobosan dan bulan 5 ini ada Program Rumah dari Koramil sekitar 10 titik dan sharing dengan APBDes leran 2018.

"InsyaAllah akan kita usahakan Bedah rumah di bulan 5 ini mas," pungkasnya.

Reporter : Mustakim
Editor : Ismi Fausiah
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda