UniqMag
Diknas Jombang

Dukung Kluster Kopi di Bondowoso, Mentan Berikan 500 Bibit Kopi

berita terkini
Bupati Bondowoso bersama Menteri Pertanian, saat menanam bibit kopi di Dusun Legen Desa Sumberwringin
Berita 1

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) – Dukungan Menteri Pertanian Republik Indonesia kepada Kabupaten Bondowoso yang dengan kluster kopi arabika, berbuah manis. Pasalnya, tanpa diduga-duga, Andi Amran Sulaiman langsung memberikan bantuan 500 ribu bibit kopi arabika kepada Pemkab Bondowoso.

Bantuan ini nantinya akan didistribusikan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan, agar bisa merata ditanam di lahan kopi di kawasan gunung Ijen-Raung dan pegunungan Argopuro.

“Bantuan 500 ribu bibit kopi ini kan bantuan yang diluar dugaan. Oleh karena itu, nanti akan ada pembahasan lebih lanjut untuk pendistribusiannya, agar bisa merata di semua wilayah yang berpotensi untuk ditanami kopi, seperti Ijen –Raung, Argopuro atau bahkan di kawasan Gunung Putri,” kata Bupati Rabu (23/5).

Seperti diketahui, branding nama Bondowoso Republik Kopi mendapat apresiasi dari Menteri Pertanian dalam launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) kemarin, (22/5) di Dusun Legen Desa Sumberwringin.

Apresiasi tersebut membuat Menteri Amran semakin yakin bahwa Kabupaten Bondowoso ini bisa segera mengentaskan kemiskinan di daerahnya. Maka dari itu, Amran memberikan bantuan bibit kopi sebanyak 500 ribu pohon. 

"Kopi ini merupakan solusi permanen untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bondowoso. Jika setahun, warga bisa mendapatkan penghasilan 200 hingga 250 juta per hektarnya, maka perbulan warga bisa menghasilkan 20 juta. Jika warga hanya memiliki 1/3 hektar untuk digarap, jadi warga masih bisa mendapat penghasilan perbulan 6 hingga 7 juta," katanya.   

Reporter : Rizki Ardian
Editor : Winzani
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda