UniqMag
spece

Buah Blewah di Jember, Masih Jadi Makanan Favorit Pengantar Buka Puasa

berita terkini
Aktivitas penjual buah blewah di Pasar Kalisat Jember
Berita 1

JEMBER, (suarajatimpost.com)-Belum lengkap rasanya, menu berbuka puasa tanpa dilengkapi dengan minuman dicampur buah blewah. 

Bukan hanya sekedar buah, blewah dipercaya oleh sebagian orang sebagai suplemen alami yang bisa membantu tubuh pada saat berbuka.

Tidak heran, di pasar-pasar buah ini masih jadi buruan kaum ibu-ibu pada saat menjelang berbuka.

Seperti yang dilakukan ibu Fadilah (34) warga Desa/Kecamatan Mayang. Dirinya, mengaku hampir setiap hari mengkonsumsi buah yang panen musiman itu.

"Kalau sering konsumsi buah blewah, pada saat siang tidak dahaga. Tergantung kita mau dibuat menu bagaimana, kalau saya dan keluarga cukup dengan es dan gula," ukui dia, Sabtu (26/05/2018) siang.

Ibu dua orang ini juga menceritakan, selama ini keberadaan buah yang dicarinya itu pada musim bulan Ramadhan ini kurang.

"Cari yang besar dan bagus hampir sulit. Adanya tanggung dan kecil. Harga masih variatif Rp 6000 sampai Rp 7000 per kilogramnya. Namanya suka tetap dibeli," jelasnya, saat berbelanja di Pasar Kalisat.

Sementara seorang penjual buah bernama Hofin (45) membenarkan, kalau buah blewah sangat laris di pasaran.

Diakui Hofin, sehari dirinya bisa menjual 1 sampai 3 kwintal, namun yang menjadi hambatan, karena stok dari pemasok terbatas.

"Kami sampai kekurangan stok. Adanya, ya seperti ini kurang bagus. Bulan puasa lalu, buah blewah melimpah sekarang jauh berkurang harga juga mahal, mungkin petaninya sudah banyak yang kurang minat," tukasnya.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda