UniqMag
Diknas Jombang

Tim PP ODCB Situbondo Rekam Data Temuan Situs Melek

berita terkini
Struktur yang diduga lantai dari masa klasik. Para relawan memasang penanda berupa tali rafia.
Berita 1


SITUBONDO, (suarajatimpost.com)
Tim PP ODCB (Percepatan Penetapan Obyek Diduga Cagar Budaya) Situbondo yang baru dibentuk secara swadaya oleh masyarakat Kecamatan Asembagus pada awal bulan Juni, mulai merekam data temuan di Situs Melek.
Situs yang diregistrasi BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jatim pada Agustus 2017 itu terletak di Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih.

"Kita berinisiatif melakukan upaya percepatan penetapan dengan aksi lapangan maupun advokasi ke pemerintah daerah. Caranya, kita awali dengan merekam data lapangan terlebih dahulu. Sejak Senin (4/6/2018) kita sudah mendata temuan-temuan baru," ujar Agus Rajana Ketua Tim PP ODCB Situbondo.

Menurut Agus, pemerintah daerah kurang respon terhadap temuan-temuan arkeologis di situs Melek. Dari fragmen keramik, lumpang, gerabah, dan semacamnya, belum terinventarisasi. 

"Akhirnya, para pegiat cagar budaya berinisiatif mengumpulkan. Sedangkan untuk temuan struktur, kita awasi agar tak terjarah atau dirusak ," imbuh Agus.

Iwenk Lametan, seorang aktivis cagar budaya setempat mengaku sering menyambangi situs sembari mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian situs.

"Cukup sudah para penambang pasir di lokasi baik manual maupun dengan alat berat memporak-porandakan situs bersejarah ini.
Sekarang, dengan kita siaga secara sukarela setiap hari, masyarakat juga ikut menjaga dan mendukung. Mereka kita sentuh secara emosional. Pokoknya, siapapun yang merusak situs, akan berurusan dengan kami," ucap Iwenk.

Reporter : Irwan Rakhday
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda