UniqMag
spece

Tiga Mahasiswa Universitas Negeri Malang Ini, Berhasil Rancang Model Pembelajaran Baru Fisika SMA

berita terkini
(Kanan) Rani Wahyu Andaini (Tengah) Badi'atus Solihah (Kiri) Izzatun Navis
Berita 1

MALANG, (suarajatimpost.com) - Tiga Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) bernama Badi’atus Sholihah (Fisika, 2015), Rani Wahyu Andani (Fisika, 2015), dan Izzatun Navis (Matematika, 2016) berhasil merancang model pembelajaran baru untuk materi Fisika SMA Kelas X.

Dibawah bimbingan dosen pembimbing Nurul Hidayat, S.Si., M.Si. Seperangkat model pembelajaran mampu hadir dii tengah dunia pendidikan menengah atas dengan diberi nama GATA- Fisika.

"Model pembelajaran itu sendiri, menggunakan pendekatan permainan tradisional engklek yang dikemas secara menarik, dilengkapi dengan fenomena yang disajikan dalam teknologi macromedia flash," papar Izzatun Navis menjelaskan, Jumat (22/06/2018).

Kata Izzatun, model pembelajaran itu tidak hanya melatih berhitung, tetapi juga mampu menekankan pemahaman konsep serta penumbuhan kerja ilmiah.

"Harapannya, tidak hanya ranah kognitif yang meningkat, namun afektif dan psikomotorik siswa pun juga akan meningkat," terang Badi'atus Sholihah anggota tim itu.

Tidak hanya itu, model pembelajaran ini pernah diuji cobakan di salah satu sekolah di Kota Malang yaitu SMAN 9 Malang.

"Berdasarkan hasil penelitiannya, hasil analisis efek size menunjukkan hasil d>1,00 yaitu sebesar 5,27," ujar Badi'atus.

Diakhir komentarnya, Rani Wahyu Andani yang sekaligus anggota kelompok dari tim tersebut  berharap, nantinya GATA-Fisika bisa dikembangkan lebih lanjut dan diimplementasikan pada sekolah-sekolah di Indonesia.

"Hasil dan tujuan dari menggunakan GATA-Fisika ini, siswa mengalami peningkatan prestasi belajar pada materi Gerak Harmonis Sederhana," tutupnya.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Winzani
Berita 2
Berita Sebelumnya Paslon Kholifah yakin Menang di Pilkada Pamekasan
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda