UniqMag
spece

Harga Daging Ayam di Banyuwangi Meningkat Mulai Merangkak Naik

berita terkini
Linda penjual daging ayam di pasar Banyuwangi
Berita 1

BANYUWANGI, (suarajatimpost.com) - Masyarakat kembali resah dengan harga daging ayam yang kembali meningkat. Pasalnya kebutuhan daging ayam ibarat sudah menjadi kebutuhan protein hewani utama dibandingkan jenis protein lainnya.

Ditemui di Pasar Banyuwangi, Linda mengaku para konsumennya mengeluh dengan meningkatnya harga daging ayam. 

“Satu minggu terakhir ini harganya bisa mencapai Rp. 38.000. sebelumnya Cuma Rp. 35.000 per kilogram saja,” terang Linda.

Peningkatan harga ini diperkirakan karena stok untuk pasar lokal tidak memenuhi dengan baik sehingga harganya cenderung naik. 

“Yang bikin naik ini biasanya tengkulak lebih banyak menjual daging ke luar Banyuwangi. Baru setelah itu dijual dipasaran sini," jelasnya lagi.

Meskipun jumlah konsumennya tidak  berkurang, tetapi Linda merasa tetap keberatan karena berpengaruh terhadap jumlah daging yang dijual.

“Saya berharap harganya bisa turun lagi, soalnya berpengaruh juga dengan  pembeli. Kebanyakan mereka menjual lagi daging dari saya, kasian kalau harus memutar otak biar porsi ayam yang dijual pas," pungkasnya.

Lain lagi dengan harga bumbu dapur yang kini mulai stabil. Bahkan harga cabai yang melambung tinggi sempat turun sampai Rp. 36.000, namun kini mulai merangkak naik kembali sampai Rp. 55.000 per kilogram.

“Kalau harga bumbu dapur naik biasanya para pembeli hanya mengurangi porsinya saja,” jelas Tiara penjual bumbu dapur di Pasar Banyuwangi. 

Ia juga mengaku jika tidak ada perubahan secara siginifikan dari jumlah pembeli. 

“Untuk harga bawang merah cuma Rp. 26.000 per kilogram dan bawang putih Rp 24.000 per kilogram,” jelasnya.

Stok dari tengkulak sangat stabil dan selalu terpenuhi dengan baik, sehingga mempengaruhi tingkat kestabilan harga. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk memenuhi kebutuhan dapur terhadap bumbu masakan. (Nurita)

Reporter : Redaksi
Editor : Winzani
Berita 2
Berita Sebelumnya Demokrat Jombang Targetkan 10 Kursi
Berita Selanjutnya Dianggap Merusak Bangsa, Aksi 22 Mei Mendapat Kecaman Dari Ketua MUI Pasuruan

Komentar Anda