UniqMag
Diknas Jombang

Begini Peran Bhabinkamtibmas Trenggalek di Masyarakat

berita terkini
Petugas Bhabinkamtibmas saat melakukan pengamanan desa
Berita 1

TRENGGALEK, ( suarajatimpost.com) -  Peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga Kamtibmas kondusif sangat vital. Hal tersebut disebabkan lingkup tugas Bhabinkamtibmas yang terbilang strategis,  khususnya di tingkat desa. 

Sebagai miniatur Polri, tugas Bhabinkamtibmas tidak hanya sebatas pada pengamanan desa, namun lebih kepada inisiator dan dinamisator disegala bidang.

Guna menguatkan kembali peran Bhabinkamtibmas, Satbinmas selaku koordinator fungsi menggelar asistensi kepada 157 Bhabinkamtibmas jajarannya di rupatama Mapolres Trenggalek. Senin (6/8)

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., pejabat utama, Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum, para Kanitbinmas Polsek jajaran, dan seluruh Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Trenggalek.

Dalam arahannya, AKBP Didit menekankan tentang peran Bhabinkamtibmas, sebagai motor penggerak problem solving di desa binaan.

"Penyelesaian masalah tidak harus dibawa keranah hukum. Jika merupakan masalah kecil hendaknya bisa diselesaikan dengan unsur 3 pilar lainnya. Apabila terjadi permasalahan perkara atau pidana, Bhabinkamtibmas harus bisa memilih mana kasus yg bisa diselesaikan di desa,  dan mana yang harus diteruskan ke satuan atas” Ucap AKBP Didit

AKBP Didit mencontohkan beberapa perkara pidana seperti kasus korupsi atau uang palsu. Dalam konteks tersebut tidak mungkin Bhabinkamtibmas menyelesaikan perkara tersebut dengan metode problem solving,  sehingga harus ada penanganan secara serius dan profesional.

Menyongsong pelaksanaan Pilkades serentak, AKBP Didit  meminta agar Bhabinkamtibmas lebih aktif melakukan sambang desa dan peka terhadap permasalahan yang ada, sehingga kondusifitas Kamtibmas tetap terjaga.

“Selalu peduli dan peka, sekecil apapun gejala atau permasalahan harus segera di selesaikan dengan baik sebelum menjadi besar.” Imbuhnya

Sementara itu, AKP Suyono menegaskan, agar arahan dari Kapolres di pedomani dan dilaksanakan dengan baik. Dalam prosesnya, bisa menggunakan berbagai metode seperti door to door system (DDS), sambang desa maupun pembinaan dan penyuluhan.

“Gunakan pola DDS  dengan perbandingan 5 : 1, artinya 5 hari di desa, dan 1 hari di Kantor. Jika ini dilakukan secara konsisten, maka kehadiran Polri sebagai representasi negara di tengah masyarakat,  akan benar-benar dirasakan. Outputnya, Kamtibmas kondusif adalah sebuah keniscayaan” Pungkas AKP Suyono. 

Reporter : Tatang
Editor : Ismi Fausiah
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda