UniqMag
spece

Kue Lopes Asli Bondowoso, Rasanya Tiada Duanya

berita terkini
Kue Lopes karya Ambariya Tidduha, warga Traktakan Kecamatan Wonosari Bondowoso
Berita 1

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) Kue Lopes begitu orang menyebutnya. Makanan ini bisa anda dapati dengan mudah di Kabupaten Bondowoso.

Terbuat dari bahan baku dasar beras ketan yang dibungkus daun pisang. Bentuknya bisa bermacam-macam ada yang bulat berukuran sedang, ada juga yang dibentuk segi tiga tergantung kemauan.

Ditaburi parutan kelapa dipadukan dengan cairan gula aren atau gula merah menjadikan kue lopes terasa nikmat dan tidak membosankan untuk dihidangkan.

Melalui tangan terampil seorang Ambariya Tidduha, warga Traktakan Kecamatan Wonosari Bondowoso makanan jenis ini sangat laris di pasaran.

Bahkan, dirinya mengaku sampai banjir orederan saat dipromosikan lewat media sosial. Pantas saja, hanya dengan harga Rp 10.000 saja, anda sudah bisa menikmati 10 biji lopes siap santap.

Yang membedakan dengan lopes pada umumnya, pada saat membuat  murni menggunakan daun pisang alami dan beras ketan asli (bukan capuran) sehingga rasanya berbeda.

"Bahannya hanya tepung beras, santan, dan kelapa yang belum terlalu tua. Di kami benar-benar menggunakan bahan alami tanpa pengawet dan murni dari daun pisang kripik," papar Ambaria menceritakan.

Untuk rasanya, bisa disesuaikan dengan selera.  Ada yang bisa dicampur dengan nangka, durian sesuai dengan pesanan.

“Tetapi sampai saat ini, pemesan lebih banyak yang rasa alami. Kami juga siap antar untuk wilayah Bondowoso kota dan Situbondo,” lugasnya.

Berkat keabaran dan ketelatenan Ibu rumah tangga lulusan STIKMA Malang ini, mampu menghasilkan omset Rp 5.000.000 per bulan.

Selain membuat kue lopes, Ambaria juga menjual aneka kulier lain, seperti kue kukis, kue apem kuah, putu mayang dan masih banyak lagi sesuai permintaan.

Anda penasaran dan ingin mencobanya, silahkan pesan dan mencoba kue lopes asli Bondowoso. Dijamin, anda akan ketagihan dengan rasanya.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Ismi Fausiah
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Lions Club Surabaya Grand Tanamkan Rasa Cinta Kasih pada Miss Grand 2019

Komentar Anda