UniqMag
spece

Pemuda Peduli Ekonomi Bondowoso, Himbau Perizinan Pasar Modern Harus Dievaluasi

berita terkini
Salah satu pasar modern berjejaring di Kelurahan Belindungan, Kecamatan Bondowoso
Berita 1

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) – Koordinator pemuda peduli ekonomi Bondowoso, Erfan Sumantri Ekspedisi menghimbau keberadaan pasar modern di Kabupaten Bondowoso perizinannya harus dievaluasi kembali dan dipertimbangkan untuk diperpanjangan izin usahanya

Pasalnya keberadaan pasar modern tersebut di beberapa tempat dalam pendiriannya telah melanggar perda nomor 3 tahun 2012 tentang pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern

"Pemerintahan yang baru Bondowoso harus mengambil langkah untuk mengkaji ulang terlebih dahulu sebelum memperpanjang izin usaha pasar modern," kata Erfan kepada media Suarajatimpost.com, Kamis (25/10/2018)

Lebih lanjut Erfan menjelaskan, bahwa perda nomor 3 tahun 2012 pasal 7 ayat 2 poin b bahwa, pasar modern dalam pendiriannya harus memperhatikan zonasi jarak, dari pusat perbelanjaan dengan pasar tradisional, sehingga tidak mematikan pelaku ekonomi mikro di pasar tradisional.

Menurutnya, minimal syarat pendirian pasar modern sesuai yang diatur di dalam perda. Minimal harus berjarak 1.000 meter dari pasar tradisional dan jarak toko modern dengan toko modern lainnya paling dekat 1.000 meter. Fakta di lapangan di Bondowoso banyak pasar modern yang melanggar dari ketentuan yang telah di atur, efeknya kerugian ekonomi banyak pendapatan menurun dialami pedagang kecil tradisional.

Sementara Purno Winardi, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menyampaikan, bahwa terkait perizinan pasar modern perda yang mengatur akan di bahas kembali oleh lembaga legislatif atau DPRD Bondowoso.

"Pertimbangan perizinan yang akan dikaji berupa perkembangan pasar global, pertumbuhan ekonomi dan perlindungan konsumen," jelasnya.

Lebih lanjut ditegaskan pula oleh Purno, ada sekitar 56 pasar modern berjejaring yang masuk di Bondowoso dari berbagai jenis yang akan ditindak lanjuti proses perpanjangan perizinannya.

Reporter : Nuryasit
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda