UniqMag
spece

Situs Kolam Mojopahit Trowulan Mojokerto Mulai Kering

berita terkini
Situs kuno kerajaan Mojopahit kolam segaran terlihat mulai kering
Berita 1

MOJOKERTO, (suarajatimpost.com) - Kolam segaran yang terletak di daerah Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, adalah kolam peninggalan sejarah kerajaan Mojopahit yang ditemukan pada tahun 1926.

Kolam segaran merupakan situs kolam terluas yang pernah ditemukan di Indonesia. Kolam tersebut dimensi ukuran bangunannya memiliki ketebalan kolam sekitar 1,6 meter dengan kedalaman 2,88 meter. Sedangkan untuk panjang kolam sekitar 375 meter dan lebar 175 meter. Luas keseluruhan dari kolam ini sekitar 6,5 hektar.

Konon menurut cerita kolam segaran ini waktu jaman kejayaan kerajaan Mojopahit dijadikan sebagai pemandian para Putri dan para selir juga untuk menjamu tamu dari kerajaan luar. Serta untuk mengembleng para kesatria Mojopahit kala itu.

Sekarang Kolam tersebut beralih fungsi di hari biasa kolam peninggalan kerajaan Mojopahit ini dijadikan alternatif untuk berwisata dan joging mengelilingi kolam juga  dimanfaatkan para penghobby mancing ikan. Serta airnya dimanfaatkan oleh petani sekitar kolam untuk mengaliri lahan pertanian.

Namun pada musim kemarau saat ini tampak air di kolam segaran sudah mulai habis atau kering sehingga terlihat pemandangan berbeda seperti biasanya yang ramai pemancing sekarang hanya satu dua yang memancing ikan.

"Biasanya air kolam ini ngak kering seperti ini pemancing ramai bahkan kalau hari libur hampir meminggirkan dikelilingi pemancing," kata Sunarto (36) warga Mojokerto yang biasa mancing di kolam segaran, Minggu (4/11/2018).

Dirinya sengaja nekat berjemur di tengah kolam untuk memancing karena ikan akan mencari tempat yang ada airnya.

"Jadi sekarang kalau mancing cari yang ada air yang tersisa. maklum mas sudah hobby mancing. kalau airnya sedikit kan ikannya kebanyakan ngumpul cari yang ada airnya, ya walau panas saya tempuh," terang Sunarto.

Selain itu, Sunarto sedikit bercerita legenda kolam segaran bahwa kolam segaran menurut cerita dulunya tempat mandi para putri kerajaan juga untuk menjamu tamu dari negeri lain.

"Menurut cerita sih dulu kalau menjamu tamu piringnya, gelasnya kan terbuat dari emas dibuang ke dalam kolam serta para putri dan selir  bila mandi dengan raja mandinya di Kolam ini. Tapi itu hanya cerita loh mas. Untuk kebenaran keasliannya fungsi kolam waktu  jaman Mojopahit dulu saya tidak tidak tau karena dengar cerita orang saja," ungkapnya.

 

Reporter : Hariyanto
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda