UniqMag
ad

Sri Mulyani: Dari 50 Orang Indonesia Wajib Pajak, yang Butul-butul Bayar Pajak Hanya 1 Orang

berita terkini
Menteri Keuangan, Sri Mulyani
ad

MALANG, (suarajatimpost.com) - Masalah ketaatan membayar pajak menjadi masalah krusial di Indonesia. Masih banyak masyarakat yang hingga saat ini masih belum menjalankan kewajibannya dalam membayar pajak.

Data dari kementrian keuangan, sebagaimana yang disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani melalui video teleconference menyebutkan, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak taat membayar pajak.

"Dari 50 orang Indonesia yang wajib pajak, yang betul-betul membayar pajak hanya 1 orang," kata Sri Mulyani melalui video teleconference dalam gelaran seminar pajak nasional di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya Malang, Jumat (9/11).

Menariknya, Sri Mulyani menyebutkan, kesadaran masyarakat untuk terdaftar sebagai wajib pajak pun sangat rendah. Menurutnya, data statistik menunjukkan dari 10 orang yang kerja di Indonesia, baru 1 orang yang terdaftar sebagai wajib pajak.

Dengan kata lain, untuk mendapatkan 1 orang yang betul-betul membayar pajak di Indonesia, dibutuhkan kurang lebih sekitar 500 orang yang bekerja. Karena dengan 500 orang yang bekerja, baru didapatkan 50 orang yang terdaftar dalam wajib pajak.

Tak berhenti sampai di situ, dalam pembayaran pajak ada yang disebut sebagai SPT atau surat pemberitahuan tahunan. Biasanya surat yang oleh Wajib pajak ini digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, obyek pajak dan atau bukan objek pajak hingga harta seseorang.

Masalahnya dari 10 orang yang membayar pajak, hanya sekitar 5 orang saja yang telah menjalankan kewajibannya mengurus SPT.

Kondisi tersebut lanjutnya, menimbulkan ketidakadilan antar masyarakat. Sehingga tak heran bila ada keluhan dari masyarakat yang taat membayar pajak kepada pemerintah.

"Ini menggambarkan ketidakadilan, sehingga sering kita dengar dari pembayar pajak yang patuh adalah kenapa kami terus membayar pajak sementara yang lain tidak patuh dan tidak mendapatkan suspend apa-apa," katanya.

Reporter : Sammy
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Wisuda UNIROW Angkatan 16 – 17 Sebanyak 1156 Sarjana
Berita Selanjutnya Neng Ita Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam 

Komentar Anda