UniqMag
Diknas Jombang

Petani Situbondo Terobos Paspampres Demi Temui Presiden Jokowi

berita terkini
Karsumo saat memberikan beras kepada Presiden Joko Widodo.
Berita 1

SITUBONDO (suarajatim Post.com) – Akibat tak digubris Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, 3 orang pengurus Kelompok Petani Mari Sejahterakan Petani (MSP), Karsumo (48), Irsan Surya Imana (40), dan Ismi Ifsantin (34), memberikan beras dan bibit padi MSP 9, 13, 14, dan 17 kepada Presiden RI Joko Widodo akhirnya kesampaian.

Gapoktan Sumber Jaya kecewa dengan sikap Pemkab Situbondo yang tidak bisa memfasilitasi untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Namun mereka mengatakan lega bisa menyampaikan bibit dan beras MSP yang sudah ditanam di Kabupaten Situbondo tersebut.

Perjuangan mereka untuk bertemu dan memberi langsung bibit dan beras MSP tidaklah mudah. Mereka harus menerobos barisan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) yang bertugas melindungi orang nomor satu di Indonesia itu.

"Sebelumnya kami sudah melakukan koordinasi dengan Wabup (Situbondo) melalui teman saya. Tapi Wabup mengatakan sedang sibuk rapat dengan Pangdam Brawijaya di Surabaya. Selanjutnya, kami juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian melalui Sekretaris Dinas, Pak Farid. Tapi, tidak mendapat respon juga, hingga akhirnya kami sepakat untuk menyerahkan bibit dan beras MSP yang diciptakan anak bangsa bernama Surono Danu kepada Presiden," jelas Irsan didampingi Ismi serta Karsumo.

Menurut Irsan mereka sadar dengan protaf dan protokoler kepresidenan yang sangat ketat. Namun mereka mengatakan masih beruntung karena semua anggota Paspampres arif dan bijaksana dalam mengatasi persoalan di luar protokoler maupun protaf, sehingga beras dan bibit MSP yang ditanam di Bumi Sholawat Nariyah Situbondo dapat diserahkan langsung ke Presiden RI, Joko Widodo dan dimasukan di dalam mobil dinasnya.

"Saya sangat kecewa dengan Pemerintahan Kabupaten Situbondo yang sinis dengan bibit dan beras MSP temuan atau penelitian anak bangsa Surono Danu. Padahal perjuangan untuk meneliti MSP membutuhkan waktu bertahun-tahun. Ironisnya, kenapa para pemangku kebijakan di Kabupaten Situbondo tidak respon dengan produk anak bangsa sendiri," papar Irsan.

Bukan hanya itu saja  usai menyerahkan bibit dan beras MSP kepada Presiden Joko Widodo, Rencananya mereka akan menyampaikan tentang Indonesia menuju Swasembada Pangan kepada Presiden. Namun karena keterbatasan waktu dan bisa menyerahkan bibit dan beras MSP ke Presiden sudah bersyukur.

"Sebenarnya kami ingin menyampaikan pesan guru kami Ir. Surono Danu ke Bapak Presiden tentang bagaimana kita bersama-sama menyatukan tekad dan yakin bahwa para petani di Indonesia bisa meningkatkan produksi secara kwantitas dan kualitas. Dengan demikian, setiap kabupaten di seluruh Indonesia akan bisa berswasembada pangan yang menuju Indonesia berdaulat pangan. Petani Indonesia juga punya konsep untuk membantu bayar hutang negara melalui swasembada pangan," pungkas Irsan.

Selain keinginan Irsan dan kawan-kawan sudah tercapai karena berhasil memberikan beras ke presiden, mereka juga menyampaikan rasa senang dan bahagia pada awak media suarajatimpost.com Ju’mat (16/9), karena hari ini mereka mendapat foto dari paspampres jika beras yang mereka sampaikan langsung dimasukkan ke mobil Presiden.

Reporter :
Editor : Ismi Fausiah
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Pemkab Jember Terkesan Mengerdilkan Usaha Kecil

Komentar Anda