UniqMag
ad

Antisipasi Bencana, Forkopimda Lumajang Gelar Kesiapsigaan BPBD 

berita terkini
Dandim bersama Bupati Lumajang saat lakukan pengecekan kesiapan sarana pendukung
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Mengantisipasi berbagai permasalahan yang ada selama musim hujan pada saat ini, Forkopimda kabupaten Lumajang bersama dengan unsur jajarannya menggelar Apel Kesiapsiagaan dan perlengkapan siaga darurat banjir, tanah longsor, puting beliung dan bencana lainnya di alun-alun kota Lumajang, Kamis (6/11/2018).

Bertindak sebagai Irup pada kegiatan tersebut adalah Letkol Czi Agus Iskarman, Dandim 0821, Komandan Apel dijabat oleh Kapten Ony Ariyanto, Danramil 0821/01 Lumajang dan Paup dijabat oleh Kapten Inf Wahyutomo Pasi Pers Kodim 0821 serta diikuti oleh pasukan dari unsur TNI Polri, Kodim 0821, Yonif 527/BY, unit P3M dan karyawan dinas kabupaten Lumajang dan perwakilan dari mahasiswa maupun pelajar wilayah kota Lumajang.

Dalam sambutan amanatnya Letkol Czi Agus Iskarman menyampaikan, bahwa wilayah kabupaten Lumajang memiliki
kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana.

Baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia
yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan pembangunan daerah.

"Perlu diketahui kegiatan ini merupakan sebagian kecil dari upaya mitigasi bencana. Memiliki nilai dan pesan moral yang tinggi dihadapkan dengan berbagai ancaman bencana alam di wilayah kabupaten Lumajang yang begitu konpleks, termasuk tren bencana global akibat degradasi lingkungan, perubahan iklim dengan intensitas kejadian menimbulkan kerugian, kerusakan, serta mengganggu aktivitas dan kelangsungan kehidupan," jelas Letkol Agus.

"Sesuai dengan Undang-undang No. 24/2007 tentang penanggulangan bencana, memberikan makna tugas kebencanaan sesuai lingkup kerja dan tupoksih kebencanaan, aktif dan rensponsif atas terjadinya musibah bencana wilayah dengan cepat dalam memberikan tanggapan, bantuan dan pertolongan terhadap daerah terdampak," imbuh Letkol Agus. 

Usai pelaksanaan upacara, Bupati dan Wakil Bupati  bersama dengan jajaran Forkopimda Lumajang  mengadakan pengecekan untuk melihat secara langsung, alat dan sarana pendukung kesiapsiagaan darurat bencana diantaranya peralatan dapur, kesehatan dan kendaraan untuk menunjang dalam pelaksanaan operasional.

Reporter : Hermanto
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Pria Asal Sumber Bening Dongko Trenggalek Diringkus Polisi
Berita Selanjutnya Neng Ita Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam 

Komentar Anda