UniqMag
spece

Desa Wisata Sidomekar Jember Gelar Lomba Dayung

berita terkini
Suasana saat lomba mendayung
Berita 1

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomekar Kecamatan Semboro kembali menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan Desa Wisata tersebut.

Pemdes yang mendapat dukungan penuh oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, juga berkat kerjasama komunitas warga Desa Sidomekar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) akan menggelar lomba dayung.

"Acaranya hari ini hingga hari kedepan. Sampai saat ini pesertanya tercatat 24 tim perahu tradisional dan 10 tim untuk kelas perahu karet, yang siap mengikuti lomba dayung ini. Sedangkan untuk peserta berasal dari Kabupaten Banyuwangi hingga Probolinggo," tutur Kepala Desa Sidomekar Sugeng Priyadi. 

Menurut Sugeng lomba dayung ini bersifat umum, dan dayung yang digunakan menggunakan perahu karet dan untuk tradisional dari bambu. Selain itu kata dia, lomba dayung ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang potensi wisata air yang ada di Desa Sidomekar.

"Agar masyarakat luar desa kami tahu. Desa kami, selain memiliki potensi pertanian dengan jeruk siemnya, Beteng Majapahit serta potensi sungai bondoyudo yang kami kemas dengan destinasi wisata air," terangnya.

Sugeng menambahkan peserta lomba dayung akan memperebutkan trofi bergilir. Ke depan diharapkan lomba ini kembali diselenggarakan dan jadi ajang tahunan. 

"Kami berharap, lomba ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan sungai. Selain itu destinasi wisata air ini diharapkan akan menambah hubungan antar warga menjadi lebih guyup dan hangat, serta menambah kesejahteraan bagi warga kami kedepan," pungkasnya.

Reporter : Ema Wasta
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Gasak Motor Saat Buka Puasa, Pria Bertato asal Lumajang Nyaris Dihakimi Warga Jember

Komentar Anda