UniqMag
ad

Dari 229, Baru Dua BUMDes di Sumenep yang Kelola Pariwisata

berita terkini
A. Masuni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep
ad

SUMENEP, (suarajatimpost.com) - Dari 229 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, baru dua BUMDes yang mengelola pariwisata.

A. Masuni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, mengatakan bahwa kedua BUMDes itu berada di kecamatan Dungkek dan Giligenting.

"Setahu saya baru dua, yakni Bunderan di Dungkek dan BUMDes di Desa Bringsang," tetangnya.

Untuk BUMDes Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting mengelola destinasi pantai sembilan. Dan BUMDes mengelola wisata Bukit Kalompek.

Di Kabupaten Sumenep ada 330 desa, namun yang ada BUMDesnya hanya 229. Dan semuanya masih berstatus pemula. 

Namun, Masuni mengaku belum mengetahui sistem pengelolaan dua BUMDes tersebut. Sebab, keduanya tidak pernah melaporkan ke Dinas yang saat ini dipimpinnya itu.

Ia juga mengaku jika pembangunan sebagian infrastruktur dibangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) atau alokasi dana desa (ADD).

"Belum ada laporan, nanti kami akan turun ke sana untuk melakukan peninjauan," janjinya.

Menurut Masuni, selama ini belum ada regulasi yang mengharuskan BUMDes melaporkan penggunaan atau manejemen pengelolaan usaha kepada Pemerintah Daerah. Sebab, keberadaan BUMDesa sudah mandiri.

"Untuk evaluasi cukup di internal saja, termasuk penyertaan modal dan yang lain, karena disana sudah ada strukturnya," tuturnya.

Kedepan pihaknya terus mendorong semua BUMDes untuk berinovasi guna membangun pertumbuhan ekonomi setiap desa.

"Kalau BUMDes di Desa Mencek Tengah saat ini bekerjasama dengan PT HAKI dengan produknya penanaman jagung, sedangkan BUMDes Desa Marengan Laok dan Karanganyar perkara dengan PT Garam terkait pengelolaan dan produksi garam," pungkasnya.

Reporter : Hairul Arifin
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Persediaan Beras di Gudang Bulog di Jakarta Meningkat
Berita Selanjutnya Sakit Tak Kunjung Sembuh, Wanita di Kediri Gantung Diri

Komentar Anda