UniqMag
Diknas Jombang

Tingkatkan Kualitas Anak Didik, Disdik Sumenep Gelar Konsultasi Publik

berita terkini
Bupati Sumenep, A Busyro Karim saat sambutan di acara Konsultasi Publik Analisis APBD Fungsi Pendidikan Pro Mutu Pembelajaran di Kabupaten Sumenep
Berita 1

SUMENEP, (suarajatimpost.com) - Untuk meningkatkan kualitas anak didik, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Konsultasi Publik Program Inovasi, Kamis (07/02/2019).

Acara yang tersebut ‘Konsultasi Publik Analisis APBD Fungsi Pendidikan Pro Mutu Pembelajaran di Kabupaten Sumenep’ berlansung di Hotel Utami Kolor, Sumenep.

Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim menjelaskan, program inovasi tersebut merupakan kemitraan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan inklusi bagi siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat khusus kelas awal. 

Program kemitraan itu, sambung Bupati sudah berjalan sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 ini.

“Khusus di Kabupaten Sumenep, fokus programnya adalah literasi,” ucap Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karimiyyah itu, Kamis (07/02/2019).

Bupati Busyro menagaskan program inovasi harus disokong dengan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut sesuai dengan amanah Undang-Undang bahwa anggaran untuk pendidikan minimal 20 persen dari postur APBD yang ada.

“Tahun 2019 ini (anggaran pendidikan, red) sebesar Rp 692 miliar atau 28 persen dari APBD,” imbuhnya.

Busyro menyarankan agar mengalokasikan anggaran fokus untuk mutu pembelajaran, khususnya yang berkaitan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di kelas. 

Langkahnya dengan melakukan penambahan sub kegiatan dalam kegiatan yang telah ada, realokasi anggaran dan penambahan kegiatan baru yang meningkatan mutu pembelajaran secara langsung.

“Pelatihan guru PAUD dan SD kelas awal melalui KKG di gugus secara berkelanjutan fokus pada peningkatan literasi dan numerasi,” pungkasnya.

Reporter : Hairul Arifin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda