UniqMag
Diknas Jombang

Situs Melek Situbondo Diminta Ditetapkan Statusnya

berita terkini
Salah satu batur di Situs Melek saat dibersihkan oleh seorang juru pelihara setempat.
Berita 1

SITUBONDO, (suarajatimpost.com) - Situs Melek yang terletak di Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo yang saat ini berstatus teregister, diminta segera ditetapkan.

Berdasarkan observasi pihak Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, keadaan lingkungan di sekitar situs cagar budaya (CB) cenderung tidak terawat itu, butuh penanganan lebih lanjut.

"Untuk struktur cagar budayanya masih tampak di permukaan dan terawat dengan baik. Struktur bata kemungkinan berupa pagar keliling selebar susunan 2 bata yang sejajar," ucap Kepala Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Endang Prasanti melalui selulernya, Kamis (14/2/2019).

"Kita minta Pemkab Situbondo untuk segera melakukan pendataan potensi CB dan melakukan perlindungan dengan cara penetapan. Setelah itu baru memikirkan pemanfaatan sesuai UU no 11 th 2010," tandasnya 

Berikutnya, perlu dilakukan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) mulai dari Dinas Kebudayaan , PU,  Bapeda, Kecamatan hingga kelurahan/desa. Dan pelestarian CB harus berjalan seiring dengan pengembangan wilayah dan pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini.

Hadir melakukan observasi ke lapangan, 3 staf Seksi Pelestarian CB di Bidang CB dan Sejarah yaitu Henny Herahyuni, Choirul Bashori Suyanto dan Nyimas Citra Larasaty. Mereka disambut  Khairur Rasihin dari Relawan Budaya Balumbung. Juru Pelihara di Kecamatan Banyuputih Sukirno juga hadir menyambut mereka.

Reporter : Irwan Rakhday
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda