UniqMag
spece

Baru Dua Bulan, Disperindag Tulungagung Klaim UMKM Naik 70 Persen di Tahun Ini

berita terkini
Terlihat beberapa jenis barang dan makanan olahan di gedung Dekranasda Tulungagung yang telah berlabel layak diperjual belikan
Berita 1

TULUNGAGUNG, (suarajatimpost.com) - Unit Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu tulangpunggung ekonomi bagi masyarakat dengan modal kecil hingga menengah. Terkait persoalan UMKM yang sering dijumpai di Tulungagung yaitu sebagian besar UMKM  merupakan sebuah usaha tanpa adanya hasil prosuksi. 

Tercatat, jumlah UMKM yang terdata oleh Disperindag di tahun 2019 ini jumlahnya telah mencapai sekitar 650 UMKM. Jumlah tersebut, diklaim oleh pihak Disperindag jauh lebih meningkat sekitar 70 persen dari pada tahun 2018 kemarin.

Sementara itu, dari sekitar 650 UMKM yang telah terdata sebagian besar didominasi oleh usaha atau produksi makanan dan minuman.

Eko Sugiono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tulungagung memaparkan, pihaknya mengklaim ada kemajuan pesat dari perkembangan UMKM di Tulungagung, dengan tumbuhnya ekonomi sektor UMKM yang menyentuh 70 persen. 

“UMKM tahun ini naik 70 persen jika disbanding tahun 2018 kemarin,” paparnya.

Lebih lanjut lagi, Eko menjelaskan, beberapa produk UMKM sudah sampai di luar negeri namun tidak melalui proses ekspor.

“Produk UMKM beberpa sudah dikirim keluar negeri tapi tidak ekspor, karena pribadi,” jelasnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda