UniqMag
Diknas Jombang

Olahraga Asal Perancis Masuk ke Sekolah di Pasuruan

berita terkini
Pemenang lomba Petanque
Berita 1

PASURUAN (suarajatimpost.com) - Petanque, atau yang biasa disebut dengan “Petank”, merupakan salah satu jenis olahraga yang berasal dari Negara Perancis dan baru dikenalkan serta dikembangkan di Negara Indonesia.

Olahraga yang dilakukan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet tersebut, kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan oleh para pemainnya.

Di salah satu sekolah, yakni di SMK Yadika Bangil, Kabupaten Pasuruan, olahraga Petanque dikenalkan oleh salah seorang guru olahraga yang bernama Cholili, yang sedang melanjutkan sekolahnya di Surabaya dan dikenalkan oleh seorang Dosen mengenai olahraga Petanque.

Setelah dikenalkan oleh Dosennya, guru olahraga tersebut langsung mengenalkan olahraga yang berasal dari Perancis tersebut dengan mengadakan ekstrakurikuler kepada siswa SMK didikannya, yakni SMK Yadika Bangil.

Tak hanya di SMK, bahkan olahraga tersebut terus berkembang ke SMA dan SMP.

Alhasil, dengan adanya ekstrakurikuler tersebut, ada 2 siswa yakni dari SMP dan SMK Yadika yang dapat mewakili sekolahnya dalam lomba Petanque tingkat Jawa Timur, yang dilaksanakan di daerah Gresik.

Dari SMK Kesehatan kelas XII, yakni bernama Putri Faradillah, Yadika Bangil dapat meraih juara III dan yang mewakili dari kelas XI TKJ yakni Habib, yang juga berhasil meraih juara II tingkat Jawa Timur.

Kemenangan yang dihasilkan oleh siswa Yadika tersebut merupakan hasil dari kerja keras serta rutin dalam melakukan olahraga Petanque.

Tak hanya menjuarai di tingkat Jawa Timur, bahkan perwakilan dari sekolah Yadika tersebut juga pernah menjuarai perlombaan yang sama di daerah Malang, Jember, Bondowoso dan Karawang pada tingkat Nasional.

“Olahraga Petanque merupakan olahraga baru yang dikembangkan di Indonesia. Diharapkan di Yadika Bangil akan ada generasi penerus yang dapat menggantikan Putri Faradillah yang akan keluar karena sudah kelas XII,” terang Eko Setiyo Widanto, Kepala Sekolah SMK Yadika Bangil.

Adanya olahraga baru tersebut, siswa SMK, SMA dan SMP Yadika Bangil, diharapkan untuk dapat terus mengembangkan dan dapat mengukir berprestasi di lomba-lomba berikutnya.

Reporter : Sukron
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kasihan, Wanita Ini Lahirkan Bayi Mungil Saat Jadi Penghuni Lapas Kelas II B Tulungagung 

Komentar Anda