UniqMag
spece

Bappeda: Total Panjang JLS Tulungagung yang Beroperasi Baru 20 Persen

berita terkini
Kepala Bappeda Tulungagung, Suharto
Berita 1

TULUNGAGUNG, (suarajatimpost.com) – JLS merupakan proyek jalan nasional yang menyisir jalan lintas selatan Jawa. Dengan membuka lahan, ataupun sekedar memperbaiki jalan yang sebelumnya telah beroperasi.

Kabupaten Tulungagung, sebagai salah satu kawasan Jawa bagian selatan turut memiliki JLS dengan panjang sekitar 55 kilometer. Namun, pembangunannya masih menyentuh sekitar 20 persen saja dari panjang keseluruhan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Tulungagung Suharto menjelaskan sesuai dengan rencana, JLS di wilayah Tulungagung akan dibangun sepanjang 54,8 kilometer mulai dari batas Kabupaten Blitar hingga perbatasan Trenggalek. Sedangkan saat ini pembangunan yang sudah terealisasi mencapai 20 persen. 

"Dari 54,8 kilometer itu yang sudah dibangun ada 13 kilometer. Kemudian tahun ini ditambah 7,7 kilometer dari Klatak hingga Trenggalek itu, sedangkan sisanya masih menunggu tahap berikutnya," ujarnya. 

Setelah ruas Klatak, pembangunan akan dilanjutkan ke empat titik lainnya, yakni pertigaan arah Popoh hingga Brumbun, Brumbun-Sine serta Sine-Pucanglaban. 

"Untuk Brumbun-Sine proses pembukaan lahan sedangkan Sine Pucanglaban proses pembebasan lahan milik warga," kata Suharto. 

Sedangkan khusus untuk lahan yang berada di bawah pengelolaan Perhutani saat ini prosesnya lebih mudah, sebab tidak perlu melakukan tukar guling lahan, melainkan cukup dengan pinjam pakai sesuai dengan PP 105. 

"Dulu sulit karena harus menyediakan lahan pengganti, sedangkan saat ini lebih mudah dengan PP 105 itu, karena Pak Presiden Jokowi menilai itu untuk kepentingan umum," imbuhnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Gasak Motor Saat Buka Puasa, Pria Bertato asal Lumajang Nyaris Dihakimi Warga Jember

Komentar Anda