UniqMag
spece

Bupati Bojonegoro Buka Musrenbang di Ruang Angkling Dharmo, Ini Harapannya

berita terkini
Bupati Bojonegoro saat membuka Musrenbang di Ruang Angkling Dharma.
Berita 1

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) -Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah membuka langsung Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diselengarakan di ruang Angkling Dharmo Pemkab Bojonegoro, Kamis (21/03/2019).

Dalam acara Musrenbang ini juga dihadiri Kepala Bakorwil Bojonegoro, Forum Pimpimnan Daerah (Forpimda) Kabupaten Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro, Badan perencanaan Daerah (BAPPEDA Provinsi Jawa Timur), Kepala OPD, Camat, BUMD dan lembaga Instansi Vertikal lainnya.

Sebelum Bupati Anna Muawanah membuka Musrenbang, Nyoman Sudana selaku Kepala BAPPEDA Kabupaten Bojonegoro, yang juga selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan, bahwa pelaksanaan Musrenbang adalah amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan, dimana Musrenbang Kabupaten sebagai satu kesatuan sistem perencanaan pembangunan dilakukan setelah Musrenbang Tingkat Desa dan Tingkat Kecamatan.

"Yang mana bertujuan adanya koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas pembangunan agar dilaksananakan secara optimal," ujarnya.

Nyoman Sudana juga menyampaikan, bahwa keluaran atau output yang diharapkan Musrenbang ini, adalah kesepakatan tentang rumusan program kegiatan perangkat Daerah tahun 2020 yang menjadi masukan utama dalam rangka pemutakhiran RKPD dan Renja Perangkat Daerah yang meliputi 2 hal.

"Yakni yang pertama Rumusan program dan kegiatan Prioritas Perangkat Daerah Tahun 2020 dan yang kedua Rumusan rencana Kebijakan/Regulasi pada tingkat Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," terangnya.

Dalam sambutan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam kesempatan itu juga mengatakan, bahwa Musrenbang Kabupaten adalah merupakan agenda rutin yang dimulai dari Musrenbang Desa (MusrenbangDes), di kecaamatan, yang mana landasannya adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJPN).

Masih menurut Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Musrenbang ini diharapkan juga fokus untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bojonegoro yang masih dibawah Provinsi dan Nasional dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi.

"Dimana pada tahun 2019 ini untuk pertumbuhan ekonomi ditargetkan ada kenaikan 1,5 s/d 2%, yang mana artinya dari kenaikan 1,5 s/d 2% ada 100 s/d 150 terserap tenaga kerja dalam sektor riil," harapnya.

Dalam kesempatan itu pula terkait dengan Pokok Pikiran (POKIR) yang berasal dari usulan DPRD, Bupati meminta harus selaras dan sinergi dengan kebijakan serta kekuatan Anggaran.

"hal tersebut memang amanat dari Undang-Undang namun juga harus selaras dengan arahan, kebijakan dan kekuatan anggaran kabupaten," pungkasnya.

Reporter : Mustakim
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Anggota Satgas TMMD Diberi Hadiah Krupuk Oleh Warga
Berita Selanjutnya Kapolres Bojonegoro Pastikan Rekapitulasi Pemilu 2019 Dijamin Aman

Komentar Anda