UniqMag
spece

Bupati Bojonegoro Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019

berita terkini
Bupati bersama Forpimda, Saat Ngecek kesiapan dan Apel gelar Pasukan Menyongsong Pilpres/Pileg/DPD RI/ 2019 di Alun Alun Bojonegoro.
Berita 1

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) - Bupati Bojonegoro, Dr H Anna Muawanah memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presidan dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019 bertempat di Alun-alun, Jumat (22/03/2019).

Bupati Anna Muawanah didampingi Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli dan Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto.

Dalam apel tersebut Bupati membacakan sambutan dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia.

Bupati Anna Muawanah menuturkan bahwa Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, karena dilaksanakan secara serentak yakni lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan. 

Menurutnya, pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin.

“Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,” tutur Bupati.

Bupati menuturkan, tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP, wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan. 

“Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI dan Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara pemilu, akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," kata Bupati. 

Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan kesempatan berharga bagi rakyat Indonesia untuk memilih calon anggota legislatif yang akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan sekaligus sarana untuk memilih pemimpin nasional guna mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia. 

Melihat konteks pelaksanaan pemilu tersebut, lanjut Bupati, sedapat mungkin opini yang dibangun diarahkan agar ajang pemilu ini bukanlah untuk membenturkan satu pihak dengan pihak yang lain atau ajang konflik antara kubu yang satu dengan kubu yang lain. 

“Namun sejatinya pemilu 2019 ini untuk memilih pemimpin dan bukan mengadu pemimpin. Momen ini harus menjadi ajang unjuk kompetensi, program dan kapabilitas untuk mendapatkan kepercayaan rakyat yang akan memilihnya," imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif diseluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten dan Kota dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya. 

Sementara di Kabupaten Bojonegoro, usai pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan show of force kendaraan pengamanan Pemiu 2019, dengan melakukan konvoi mengelilingi Kota Bojonegoro.

Sementara peserta apel sejumlah 6.000 personel gabungan dari anggota Polres Bojonegoro, anggota Kodim 0813 Bojonegoro, anggota Sub Denpom Bojonegoro, anggota Sat Brimob Kompi 3 Pelopor di Bojonegoro, anggota Dinas Perhubungan, anggota Dinas Kesehatan, anggota Kesbangpol, anggota Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro, anggota Satpol PP, anggota Linmas, sejulah Relawan dari PMI, Tagana serta anggota Pramuka.

Turut hadir dalam kegiatan apel tersebut Forpimda Kabupaten Bojonegoro, Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Komandan Sub Denpom di Bojonegoro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro, Kepala OPD di linkup Pemkab Bojonegoro, Ketua KPUD Bojonegoro, Komisioen Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, perwakilan Partai Peserta Pemilu, Kapolsek, Danramil dan Camat se Kabupaten Bojonegoro.

Reporter : Mustakim
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda