UniqMag
spece

Bersama TMMD, Pemkab Jember Sosialisasi Perda Bantuan Hukum

berita terkini
Saat pemerintah Kabupaten Jember memberi penyuluhan bantuan Hukum bagi masyarakat miskin
Berita 1

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Bersama Satgas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 104, Pemerintah Kabupaten Jember memberi penyuluhan bantuan Hukum bagi masyarakat miskin kepada siswa di Desa Gunung Malang, Sumberjambe, Jember.

Penyuluhan bantuan tersebut, menurut Sunarlan, pemateri dari pusat pengkajian pancasila dan konstitusi (Puskapsi) universitas Jember, tertuang dalam Perda nomor 6 tahun 2016 tentang bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

"Hukum pada prinsipnya tidak pandang bulu, entah masyarakat miskin atau kaya. Tapi kadang di suatu kasus, ada diskrminasi, hukum tumpul ke atas, tajam ke bawah," ungkapnya, Jumat (22/3/19).

Perda bantuan hukum untuk masyarakat miskin, menurut dosen Unej tersebut bukan tanpa alasan, sebab banyak masyarakat miskin yang terkendala oleh finansial.

"Agar mereka dapat hak yang sama, karena orang miskin kadang tidak bisa membayar loyer atau pengacara, kadang makan saja susah," ujarnya.

Saat disinggung masalah peserta yang hadir di penyuluhan, karena masih tergolong anak-anak, Sunarlan mengungkapkan bahwa penyuluhan bantuan tidak terbatas bagi orang dewasa saja.

"Tidak hanya orang dewasa yang dapat tersandung kasus hukum, anak-anak juga kadang tersadung juga," tutupnya.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda