UniqMag
spece

Kontes Durian di Trenggalek Agro Park, Ciri Khas Yang Menjadi Penentu Juaranya

berita terkini
Tim juri sedang menilai kontes durian di Trenggalek
Berita 1

TRENGGALEK, (suarajatimpost.com) - Kontes durian di Trenggalek Agro Part, diikuti sebanyak 67 peserta, dari seluruh wilayah di Kabupaten Trenggalek Rabu (27/3), yang  bersaing menjadi yang terbaik, dalam ajang kontes durian yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selain kontes juga digelar makan durian gratis, setelah pengumuman pemenang oleh dewan juri.

M. Taufik pengamat durian sekaligus juri penilai, pada kontes durian yang diselenggarakan di Agro Park Trenggalek mengatakan, kriteria penilaian pada kontes Durian itu dinilai pada penampakan luar dan dalam.

"Untuk dalam, durian juga dinilai kuantiti dan kuwality nya, sedangkan dari luar dinilai dari warna bentuk kulit," jelasnya

Sedangkan berat itu relatif, untuk durian yang saat ini dikonteskan memiliki berat ideal dengan rata-rata 2,5 kilogram, kalau dahulu antara 5-7 kilogram.

"Berat idealnya pada durian yang mengikuti kontes kali ini memiliki berat 1,5 dan 2,5 kilogram," sambungnya

Dari penilaian yang ada tersebut nanti akan dijelaskan Taufik, bahwa kreteria seperti apa nantinya yang akan menjadi pemenang dalam kontes durian tersebut. Sedangkan pada finalnya perosentase daging buah per berat keseluruhan akan menjadi tolak ukur dewan juri.

Bukan hanya itu, nilai tertinggi pada final nanti tentunya bukan tentang semua nilai bagus, namun ciri khas yang tetap menjadi penentu penilaian.

"Seperti ciri khas pulen, luber dan keistimewaan lain. Selain itu juga ketahanan durian itu sendiri," tuturnya

Sesuai keputusan panitia kontes durian Kabupaten Trenggalek, bahwa pada kontes ini finalnya akan diambil 10 peserta, selanjutnya ditetapkan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 sedangkan sisanya juara favorit dan lainnya.

Sedangkan jika dilihat dari rasa, pada umumya untuk tahun ini durian yang di konteskan mempunyai cita rasa hampir relatif sama, tidak seperti pada umumnya.

"Untuk yang bagus tetap ada namun tidak mencolok seperti tahun-tahun sebelumnya. Saya yakin durian dari Trenggalek merupakan varian durian terbanyak di jawa. Bahkan saya mengamati durian di Trenggalek ini sudah sekitar 33 tahun," pungkasnya.

Reporter : Tatang
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda