UniqMag
spece

Festival Lagu Kebangsaan Nuansa Madura 2019, Inilah Para Peserta yang Lolos di Grand Final

berita terkini
Para Finalis yang berhasil meraih juara I, II dan III
Berita 1

SAMPANG, (suarajatimpost.com) – Ajang pencarian bakat 'Lagu Kebangsaan Nuansa Madura 2019' yang digelar di pasar Margalela, Jalan Samsul Arifin, Kabupaten Sampang berlangsung meriah pada Sabtu (30/03/2019) malam.

Ajang yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Parawisata (Disporabudpar) setempat itu diikuti oleh 50 peserta, mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se-Kabupaten Sampang.

Ada enam finalis yang lolos dari masing-masing sekolah pada malam Grand Final ini, untuk mencari juara pertama, kedua dan ketiga, dari kategori lagu wajib serta kategori lagu umum.

Pantauan suarajatimpost.com dilokasi, di malam puncak acara tersebut tampak dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Phutut Budi Santoso, Forkompimda, para Kepala OPD serta para finalis.

Phutut Budi Santoso dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pentingnya melestarikan beberapa keanekaragaman dan kebudayaan yang ada di wilayah Madura khususnya di Sampang.

"Kita sudah menyepakati, sebentar lagi kita akan membentuk kampung madura, seperti halnya kalau di Kediri ada yang namanya kampung Inggris," ungkapnya.

Menurutnya, di era digitalisasi ini kebudayaan bahasa madura sudah mulai terkikis. "Bahasa enggi-bunten yang identik dengan madura di sekolah sudah tidak ada lagi. Kami sangat sedih karena bagaimanapun madura ini terkenal dengan kearifan lokalnya," sesalnya.

Putut berharap, agar di setiap sekolah harus lebih mengenalkan lagu-lagu Madura. Hal tersebut bertujuan, supaya di kalangan para pelajar tetap mengingat tentang lagu-lagu kebudayaan asli Madura.

"Alhamdulillah, saat ini Disporabudpar telah mengadakan festival. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin," imbuhnya.

"Dalam rangka program kerja 100 hari Bapak Bupati dan memperingati hari Bandung lautan api, peserta 50 orang yang masuk finalis 16 orang. Harapannya para generasi muda penerus bangsa semakin mencintai, meningkatkan idealisme, nasionalisme dan melestarikan budaya bangsa," pungkas Kepala Disporabudpar Aji Waluyo.

Inilah Nama-nama Finalis yang berhasil meraih juara I, II dan III:

Untuk tingkat SD/MI adalah:

- Juara I, atas nama A Fahrur Rosi dari SDN Dalpenang I dengan nilai 1,699.

- Juara II, atas nama Naila Rohmah dari SDN Gunung Sekar I dengan nilai 1.685.

- Juara III, atas nama Yulia Andini P dari SDN Rongtengah I dengan nilai 1.659.

Untuk tingkat SMP/MTS adalah:

- Juara I, atas nama Tilawatil Qurani dari SMPN I Sampang dengan nilai 1.715.

- Juara II, atas nama Indah dari SMP 3 Sampang dengan nilai 1.650.

- Juara III, atas nama Rofika Putri Ayu dari SMPN I Sampang dengan nilai 1.648. Untuk tingkat SMA/SMK adalah:

- Juara I, atas nama Sahwan dari SMAN I Torjun dengan nilai 1.646.

- Juara II, atas nama ST Nurhaliza dari SMAN I Sampang dengan nilai 1.603.

- Juara III, atas nama Regita Putri dari SMAN II Sampang dengan nilai 1.573.

Reporter : Abdus Salam
Editor : Winzani
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Dianggap Merusak Bangsa, Aksi 22 Mei Mendapat Kecaman Dari Ketua MUI Pasuruan

Komentar Anda