UniqMag
Diknas Jombang

Bawaslu Tulungagung Janjikan Pengawasan Nonstop Soal Money Politik, Berhasilkah?

berita terkini
Komisioner Bawaslu Tulungagung, Suyitno Arman
Berita 1

TULUNGAGUNG (Suarajatimpost.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Tulungagung, dalam Pemilu 2019 esok menyatakan bakal meningkatkan kewaspadaan terhadap praktik politik uang (money politic) terlebih menjelang pencoblosan 17 April 2019 mendatang atau biasa dikenal dengan istilah serangan fajar.

Salah satunya yang akan dilakukan Bawaslu yaitu melakukan patroli 24 jam nonstop dengan melibatkan Panwascam, petugas pengawas lapangan (PPL) yang berada di tingkat kelurahan/desa sampai petugas di KPPS.

Komisioner  Bawaslu Tulungagung Suyitno Arman, sabtu (06/4/2019) menjelaskan, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Bawaslu RI untuk melakukan patroli dan pengawasan terhadap dugaan politik uang menjelang hari pencoblosan.

Sampai saat ini pengawasan masih dilakukan pada siang hari namun saat memasuki minggu tenang, patroli akan semakin ditingkatkan dan dilakukan selama 24 jam.

Untuk melakukan hal ini pihaknya sudah meminta kepada Panwascam, PPL untuk melaksanakan pengawasan.

“Bukan hanya patroli money politik saja yang kami awasi namun biasanya memasuki minggu tenang banyak alat-alat peraga kampanya yang masih belum diturunkan oleh parpol masing-masing. Untuk itu kami juga akan kordinasikan dengan Pol PP untuk membantu mebertibkannya,” terang Arman.

Ia mengatakan bahwa juga sudah menerima surat dari Bawaslu RI yang menyampaikan bila ada caleg yang tertangkap atau terbukti melakukanpolitik uang, maka harus diproses hukum.

Bahkan bila dalam proses hukum ternyata terbukti di pengadilan dan ada kekuatan hukum tetap maka dipastikan caleg tersebut akan dicoret.

Ditanya terkait peta Tulungagung yang kemungkinan rawan dengan potensi money politik, dirinya juga menjelaskan jika potensi itu tetap selalu ada, maka pihaknya terus tingkatkan pengawasan .

“Jika diprediksikan terkait zona yang dikategorikan rawan money politik, semua wilayah pasti berpotensi makanya kami intensifkan pengawasan melalui jajaran kami yang tentunya juga harus didukung semua elemen masyarakat agar proses pemilu tidak dinodai politik uang yang harapannya Pemilu 2019 benar-benar lancar,“tandasnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Aksi Gempa Diduga Diwarnai Pemukulan oleh Menwa IAIN Madura

Komentar Anda