UniqMag
spece

Bupati Janjikan TKW Yang Meninggal di Malaysia Dimakamkan di Lumajang

berita terkini
Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya
Berita 1

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) Upaya SBMI (Serikat Buruh Migran Indonesia) Kabupaten Lumajang, memulangkan jenazah Mistiwati (44), seorang TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang meninggal di Malaysia, mendapat respon baik dari Bupati H. Thoriqul Haq, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/4/2019).

Orang nomer satu di Pemerintahan Kabupaten Lumajang itu, menjanjikan akan memulangkan jenazah Mistiwati, sehingga bisa dimakamkan ditanah kelahirannya di Dusun Pelampean Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Jawa Timur. 

"Pilihan kita, saat ini berikhtiar jenazah untuk dibawa pulang," ucap Bupati. 

Selebihnya, Bupati, pria yang akrab dengan sapaan Cak Thoriq itu mengakui, jika Mistiwati termasuk TKW ilegal dalam proses pemberangkatannya. 

Menurut dia, dengan kondisi yang demikian, menjadikan tidak ada yang bertanggung jawab dalam meninggalnya tersebut. Juga, dalam proses prosedural jika ada musibah demikian, menjadi lebih rumit tidak seperti TKW yang legal dalam proses pemberangkatannya. 

"Secara kelembagaan, kami berkomunikasi dengan KBRI, Kemenaker untuk prosesi kepulangan. Pilihan kita adalah kepulangan. Disisi lain almarhumah merupakan TKI ilegal, jadi tidak ada pihak yang bertanggung jawab atas akibat meninggalnya," tukas Cak Thoriq. 

Dalam satu dua hari kedepan, Bupati Lumajang berjanji akan memberikan jawaban akhir. 

Reporter : Hermanto
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Kabupaten Sumenep Raih WTP, Ini Kata Bupati Busyro Karim

Komentar Anda