UniqMag
Diknas Jombang

Lapas Klas II A Pamekasan Bersama Posbakumadin Gelar Sosialisasi Bantuan Hukum

berita terkini
Poto Bersama Kalapas Pamekasan Bersama Ketua Posbakumadin di Aula Lapas Klas II Pamekasan
Berita 1

 

 

PAMEKASAN, (suarajatimpost.com) - Dalam rangka memperingati hari Bhakti Pemasyarakatan Nasional ke 55, Lapas Klas II A Pamekasan bersama Posbakumadin Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, gelar sosialisasi bantuan hukum secara gratis. Selasa, (23/04/2019).

 

Sosialisasi bantuan hukum yang di ikuti para napi dilaksanakan di Aula Lapas klas II A Pamekasan yang di hadiri langsung Kalapas Pamekasan, dari kanwilkumham jatim dan ketua lembaga Posbakumadin Pamekasan.

 

Ketua Posbakumadin Pamekasan, Abd Fatah, mengatakan bahwa sosialisasi bantuan hukum sudah menjadi agenda program Posbakumadin dalam setiap tahun.

 

“Ini sudah menjadi program wajib untuk kita, memberikan sosialisasi penyuluhan hukum baik itu perdata maupun pidana kepada para napi atau tahanan klas ll A Pamekasan,” Tuturnya

 

Fatah melanjutkan, bantuan hukum melalui lembaganya adalah merupakan memberian bantuan hukum secara gratis kepada yang membutuhkan pendampingan.

 

“Jadi lembaga Posbakumadin Pamekasan siap mendampingi setiap persoalan bantuan hukum secara gratis," ujarnya.

 

Menurut Fatah, tahun 2018 Kabupaten Pamekasan hanya mendapatkan anggaran sebesar 60 juta dan adindung yang terakhir sebesar 5 juta, sementara perkara yang dihadapi ada ratusan perkara.

 

"Sementara dalam 1 perkara disiapkan dana sebesar 8 juta yang diawali dari tingkat penyidikan kepolisian, selanjutnya masuk ketingkat penuntutan kejaksaan dan persidangan pengadilan, disitu juga ada banding kasasi dan PK, jadi total dari awal sampai selasai dananya itu sebesar 8 juta," terangnya.   

 

Sementara Kalapas Klas II A Pamekasan, M. Hanafi menyampaikan bahwa, melalui sosialisasi bantuan hukum ini bertujuan agar masyarakat paham dan mengerti bahwa negara sudah hadir melalui Kementrian Hukum dan HAM dan telah menyediakan pengacara gratis melalui LBH Posbakumadin.

 

"Tujuannya, pengertian hukum acara pidana tidak terlalu ekslusif yang hanya diketahui oleh para penegak hukum, maka dari itu masyarakat harus juga mengetahui melalui sosialisasi ini, sementara Posbakumadin punya tanggung jawab, karena sudah ditunjuk atau ditentukan oleh negara untuk melakukan pembelaan pada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Pamekasan," ucapnya.

 

Hanafi juga berharap kepada masyarakat agar memamfaatkan bantuan hukum secara gratis malalui LBH Posbakumadin.

 

"Jadi masyarakat berhak mendapatkan bantuan hukum secara gratis yang didanai oleh negara melalui Kementrian Hukum dan HAM, untuk itu LBH Posbakumadin hendaknya lebih semangat lagi untuk mengadakan sosialisasi terkait bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat," pungkasnya.

Reporter : Nur Halili
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Dugaan Politik Uang di Pronojiwo Lumajang, Satgas Desa Sebut-Sebut Partai PKB
Berita Selanjutnya Lelang Molor, Komisi 3 DPRD Trenggalek Dibuat Pusing

Komentar Anda