UniqMag
Diknas Jombang

Dinilai Terjadi Kecurangan, Caleg di Tulungagung Minta Hitung Ulang C1

berita terkini
Mashud saat menunjukan data-data ringkasan perolehan suara
Berita 1

TULUNGAGUNG (Suarajatimpost.com) - Dinilai terjadi perubahan data, antara formulir C1 berhologram dengan hasil perekapan di tingkat kecamatan, satu caleg tingkat Kabupaten dapil III Tulungagung asal partai PKB merasa dirugikan oleh teman satu parpolnya. 

Mashud, Caleg Nomor urut 02 dari partai PKB menyebutkan secara mengejutkan perolehan suaranya tersalip oleh Caleg dari parpol yang sama, yaitu PKB nomor urut satu Dapil III Tulungagung, M. Fatah Masrur, yang diduga bermain dibelakangnya. 

Untuk meluruskan permasalahan tersebut pihaknya telah berkirim surat untuk dilakukan penghitungan ulang di tingkat kabupaten. 

"Karena suara yang kita peroleh dari hasil C1 pleno TPS atau Desa dengan hasil di tingkat kecamatan berbeda," jelasnya. 

Menurutnya, keanehan terjadi di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), terjadi peningkatan jumlah suara kepada salah satu caleg PKB yaitu M. Fatah Masrur saat perekapan di tingkat kecamatan sehingga menyalip perolehan suara dari Mashud. 

"Kita fokus di 8 Desa, khusus di Kecamatan Rejotangan, M. Fatah Masrur seharusnya menurut C1 dapat 844 suara menjadi 1152 suara atau meningkat sekitar 308, saat penulisan di tingkat kecamatan," imbuhnya. 

Kini, pihaknya telah berkirim surat kepada KPU dan BAWASLU untuk meminta penghitungan ulang di tingkat kabupaten, guna pembuktian jumlah suara berdasarkan form C1 berhologram.

Sementara pihak Bawaslu sendiri mengaku telah menerima laporan tersebut, dan untuk mengambil keputusan masih akan menunggu pleno terlebih dahulu. 

"Kita sudah menerima, tapi kita belum berani mengambil keputusan karena harus pleno terlebih dahulu," ungkap Endro Sunarko, Komisioner Bawaslu Tulungagung.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Ratusan Karya Seni Dipamerkan di Pameran Expo Pembangunan Visit to Kraksaan Probolinggo Tahun 2019
Berita Selanjutnya Misteri Potongan Kaki di Jalan Tol Jombang Mojokerto, Ada Titik Terang

Komentar Anda