UniqMag
Diknas Jombang

24 CJH Tulungagung Tidak Lunasi BPIH Tahap 2

berita terkini
Kasi PHU Kemenag Tulungagung
Berita 1

TULUNGAGUNG (Suarajatimpost.com) - pasca pembayaran BPIH (Biaya pemberangkatan ibadah haji) Tahap 1 dengan jumlah 1261 CJH yang terbagi ke dalam 3 kloter. sementara itu, awal bulan puasa tahun ini telah selesai dalam masa pelunasan BPIH tahap 2. Tercatat, ada sekitar 248 CJH yang terdata dalam pelunasan BPIH Tahap 2, namun hanya 224 CJH yang menulasi biaya pemberangkatan. 

Dengan demikian, ada sekitar 24 CJH dalam pelunasan BPIH tahap 2 yang tidak melakukan pelunasan. Kemenag menyebutkan berbagi macam alasan CJH yang tidak melakukan pelunasan, mulai dari CJH sakit hingga memang berniat melaksanakan ibadah Haji pada tahun depan.

Kasi PHU Kantor Kemenag Tulungagung, Imam Saerozi menuturkan, dari CJH yang masuk dalam BPIH Tahap 2 yang tidak melakukan pembayaran otomatis bakal menjadi CJH tahun depan.

“Karena dibukanya pelunasan hanya terbatas dan tidak diulangi lagi, nanti otomtis akan jadi jamaah yang akan datang,” terangnya.  

Sementara itu, untuk menambal kursi yang kosong tersebut, pihaknya telah menambal dengan 22 CJH cadangan yang telah melakukan pelunasan. 

“Cadangan ada 22 orang, status pembayarannya sudah lunas,” jelasnya.  

Saerozi menjelaskan, penempatan CJH di BPIH tahap 2 tersebut merupakan ditujukan untuk mereka yang sudah pernah melakukan ibadah haji, sehingga di tempatkan di porsi kedua. 

“Kalau sudah pernah haji maka akan berada di porsi kedua terus,” tegasnya. 

Sementara itu, bagi CJH cadangan tahun ini yang gagal berangkat maka di tahun depan bakal mendapatkan kursi terdepan pada perjalanan haji tahun depan.

“Biasanya dari embarkasi Surabaya ada surat pemanggilan cadangaan berdasarkan urutan porsi kalau tidak siap di urut bawahnya, dan kalau cadangan gagal berangkat pada tahun ini maka akan mendapat urutan teratas pada haji tahun berikutnya,” paparnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Ketua Komisi II DPRD Sumenep Desak Pemkab Segera Bentuk Satgas Elpiji
Berita Selanjutnya Lelang Molor, Komisi 3 DPRD Trenggalek Dibuat Pusing

Komentar Anda