UniqMag
Diknas Jombang

Ikatan Pedagang Pasar Srimangunan Sampang Tolak Kenaikan Retribusi

berita terkini
H Dofir saat menunjukkan surat edaran tentang retribusi pasar
Berita 1

SAMPANG, (suarajatimpost.com) – Rencana Pemerintah Kabupaten Sampang menaikkan tarif retribusi ditanggapi serius oleh Ikatan Pedagang Pasar Srimangunan (IPPS) Sampang

H Dofir selaku penasehat IPPS mengatakan kenaikan tarif retribusi dinilai akan membebani para pedagang yang disisi lain kenaikan tarif retribusi ini tidak dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasaran pasar yang mendukung.

"Apalagi, semua itu tidak menjamin karena listrik tetap mengalami padam sehingga para pedagang memakai genset untuk menyalakan lampu penerangan," bebernya, Senin (20/05/2019).

Lebih lanjut H Dofir mempertanyakan adanya restribusi yang ditarik oleh Disperindag tidak sesuai dengan Perda no 5 tahun 2011 yang sudah disepakati bersama. Sebab, kata dia, di Perda itu sudah jelas bahwa kios yang ukuran 3x3 m x Rp 6000 = Rp 55.000 perbulan dan kios dengan ukuran 4x3 m x Rp 6000 = Rp 73.000 perbulan, itu sudah termasuk restribusi sampah dan listrik.

"Tapi mengapa akhir-akhir ini pedagang ditarik restribusi sampah, dan herannya lagi dari karcis Rp3000 menjadi Rp2.500 yang menarik dari kantor DLH, ini ada apa??! karena di surat sudah jelas bahwa di perda no 5 tahun 2011 sudah masuk keseluruhannya, termasuk listrik dan sampah," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindagtam Wahyu Prihartono mengatakan bahwa surat edaran tentang restribusi yang sudah diedarkan dulu ke pedagang itu salah karena yang benar adalah Disperindag menarik restribusi menurut perda bahwa penarikan sudah sesuai dengan rincian yang sudah ditentukan tidak termasuk sampah.

"Penarikan itu hanya yang mengunakan fasilitas seperti kios dan listrik pemerintah yang bertanggung jawab," jelas Wahyu secara singkat.

Reporter : Juma'adi
Editor : Abdus Salam
Berita 2
Berita Sebelumnya Pemkab Probolinggo Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-111
Berita Selanjutnya Tolak Kerusuhan, Masyarakat Mojokerto Kota Diajak Senam Goyang Dayung

Komentar Anda