UniqMag
Diknas Jombang

Yuk Tonton Penyerahan Zakat Fitrah Ala Keraton Sumenep, Catat Tanggalnya

berita terkini
Penyerahan Zakat Fitarah ala keraton Sumenep tahun 2019 (Dok SJP)
Berita 1

SUMENEP, (suarajatimpost.com) - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan melakukan Upacara Adat Penyerahan Zakat Fitrah. Rencananya, acara adat itu akan dilakukan tanggal 27 Mei 2019.

Uniknya, penyerahan zakat fitrah itu melalui upacara ala Keraton Sumenep. Bahkan tahun 2018 lalu Pemkab juga sudah menggelar Prosesi Upacara Penyerahan Zakat Fitrah di area Keraton Sumenep menuju Masjid Jamik.

Saat penyaluran zakat kepada fakir miskin pada tahun lalu, Bupati Sumenep, berserta jajarannya menggunakan pakaian khas keraton, bahkan Bupati Sumenep, A Busyro Karim diarak dengan berbagai musik klasik adat, seperti hadrah. 

Kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk mengingat kembali tradisi atau sejarah peninggalan raja-raja Sumenep terdahalu tentang adat dan budaya saat bulan suci Ramadan. 

Tentu saja, hal itu menjadi bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk senantiasa melestarikan warisan budaya dari nenek moyang.

Untuk itu, pada bulan Ramadan kali ini kegiatan serupa akan dilaksanakan kembali. Selain sebagaimana tujuan di atas, Gelar Upacara Adat Penyerahan Zakat Fitrah nanti juga merupakan agenda Visit Sumenep 2019.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Zulkarnain mengungkapkan, upacara Adat Penyerahan Zakat Fitrah merupakan program rutin setiap tahun yang akan terus berkelanjutan.

“Penyerahan zakat fitrah dengan menggelar prosesi Upacara Adat merupakan upaya Pemkab Sumenep dalam pemerataan zakat fitrah kepada kaum duafa,” terang Zulkarnain.

Bahkan, menurutnya, hal itu akan menjadi agenda rutin yang masuk dalam kelender program Visit Sumenep.

”Apalagi menjadi event tahunan,” imbuh Zulkarnain.

Ia menjelaskan, Zakat fitrah tahun ini nantinya akan diserahkan kepada sejumlah pihak, seperti Takmir Masjid Jamik Sumenep, dan lain sebagainya. 

”Selain (zakat fitrah, red) diserahkan ke Takmir Masjid Jamik, kami persilakan kepada masyarakat untuk mengajukan ke kami (Dinsos Sumenep, red),” pungkasnya.

Reporter : Hairul Arifin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Peduli Warga, Kades Kumpulrejo Santuni Janda dan Anak Yatim
Berita Selanjutnya Tolak Kerusuhan, Masyarakat Mojokerto Kota Diajak Senam Goyang Dayung

Komentar Anda