UniqMag
Diknas Jombang

Ratusan Pasang Ikuti Nikah Massal Di Pendopo Pamekasan

berita terkini
Peserta nikah massal berkumpul depan Pendopo Ronggo Sukowati Pamekasan
Berita 1

PAMEKASAN, (suarajatimpost.com) - Sekitar 219 pasangan, dari 13 Kecamatan, Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, mengikuti pelaksanaan isbat nikah massal, di pendopo Ronggo Sukowati, Senin (24/10).

 Pelaksanaan nikah massal, yang di ikuti pasangan suami istri berlangsung dengan kegembiraan. Sebab semenjak mereka minikah selama kurang lebih puluhan tahun lamanya, belum mempunyai akta nikah resmi dari Kantor Urusan Agama(KUA) setempat.

Alasannya ada beberapa faktor, antara lain tidak mempuanyai biaya untuk ngurus akta nikah, sengaja tidak mengurus akta nikah, ada pasutri yang tidak tahu pentingnya akta nikah dan ada pula karena menikah lebih dari dua kali.

Seperti yang diakui peserta nikah yang berasal dari warga Teja Barat, Kecamatan Pamekasan, mereka menikah sudah mencapai 15 tahun lamanya. Mereka tidak mengurus akta nikah, disebabkan tidak mempunyai biaya. Dikarenakan biaya tersebut cukup besar, sehingga mengabaikannya.

"Alhamdulillah, adanya nikah massal ini, yang di selenggarakan oleh Pemkab Pamekasan setiap tahun, kami bisa memiliki akta nikah yang resmi dan di akui oleh negara,"jelasnya.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii kepada para pasutri nikah massal, bahwa akta nikah tidak hanya berfungsi untuk pengakuan status nikah oleh negara saja. Akan tetapi akta nikah berfungsi untuk kelengkapan membuat administrasi kependudukan.

Lanjut Bupati Syafii, di tahun depan atau di tahun berikutnya akan berjanji menambah jumlah peserta nikah massal. Sebab jumlah peserta tersebut, keterbatasan anggaran APBD.

"Insya'allah di tahun depan kami akan meningkatkan jumlah peserta nikah massal dan semua warga Pamekasan bisa memiliki akta nikah resmi yang di akui oleh negara," paparnya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Pemkab Pamekasan Moh Fahmi mengatakan, proses pendataan nikah massal dilakukan sejak Bulan Februari hingga Bulan April 2016.

"Selain itu akad nikah dilakukan mulai bulan Mei hingga bulan Juli 2016, dan penyerahan buku akta nikah dilakukan bulan Agustus sampai bulan Desember," pungkasnya.

Reporter : Nur Halili
Editor :
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Lelang Molor, Komisi 3 DPRD Trenggalek Dibuat Pusing

Komentar Anda