UniqMag
spece

Media Dituntut Profesional Dalam Menyajikan Berita

berita terkini
Aga Suratno saat memberikan nara sumber di acara diskusi umum FWLM
Berita 1

JEMBER,(suarajatimpost.com) - Media dituntut untuk lebih profesional dalam mencari dan menyajikan berita sehingga publik tetab memberikan kepercayaan kepada media.

Pernyataaan tersebut disampaikan oleh Aga Suratno wakil dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember saat mengisi diskusi publik Forum Wartawan Lintas Media Jember, di warung kembang Ajung Jenggawah, Sabtu,(11/02) dengan tema 'Ancaman dis integrasi bangsa'.

Dirinya mengakui bahwa pada era saat ini banyak bermunculan media tak jelas yang sering menyajikan berita hoax. Sehingga wartawan dipandang perlu mempertahankan eksistensi.

Dirinya juga meminta kepada wartawan untuk lebih mengedepankan etik saat melakukan peliputan di lapangan.

"Media sangat berpengaruh kepada integrasi. Minimal pedoman kode etik jurnalistik wartawan sudah paham," ujarnya.

Masih menurutnya, selama ini persoalan media sangat kompleksitas dan butuh pemahaman dan kesadaran diri dari pelaku media itu sendiri.

Dirinya meminta para pekerja pena mampu menjaga independensi dalam menyajikan berita,  tidak boleh terkontaminasi oleh kepentingan.

"Disinilah pertaruhannya. Kalau media sudah memihak, maka karya yang dihasilkan tidak akan maksimal, malah yang ada akan memihak, yang ditakutkan akan melahirkan dis integrasi," tambahnya.

Dirinya juga mengakui kecanggihan teknologi karena sangat mendukung terhadap kecepatan dan memudahkan kegiatan jurnalistik.

"Dengan kecanggihan teknologi sangat memudahkan wartawan, tetapi kalau kita terlalu terjebak kepada nilai praktis, maka wartawan anak terkesan malas. Dan nilai akuratif juga dipertanyakan kalau wartawan itu sendiri tidak mau turun ke lapangan," tegasnya.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Dandim 0824 Jember Letkol.Inf.Rudiyanto, Kasat Reskrim Polres Jember AKP.Bambang Wijayanto,SH, Akademisi Drs.Soeseno, Anggota DPRD wilayah Jawa Timut Moh.Ikhsan dan Kepala Bakesbangpol Soeprapto.

Reporter : Ema Wasta
Editor :
Berita 2
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Dianggap Merusak Bangsa, Aksi 22 Mei Mendapat Kecaman Dari Ketua MUI Pasuruan

Komentar Anda