Peristiwa Daerah

Polisi di Jember Tilang Pemotor yang Merokok di Jalan Raya


calendar_today 18/03/2020 - 16:28
default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 1 / 320x100

JEMBER - Polisi lalu lintas di Jember menilang salah satu pemotor yang sedang enak-enaknya merokok sambil berkendara di jalan raya.

Kejadian itu berlangsung Rabu (18/3/2020) sore, di perempatan lampu merah Pasar Tanjung Jl. Samanhudi, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Ketika satuan polisi lalu lintas sedang bertugas di lokasi tersebut.

Para petugas melihat salah satu pemotor yang lagi memegang rokok dalam keadaan masih hidup. Tanpa pikir panjang pihaknya langsung memberhentikan pemotor tersebut lalu menilangnya di tempat.

Kasat Lantas Polres Jember, AKP Ardi Wibowo, mengatakan bahwa sebenarnya ketika dalam berkendara itu harus fokus terhadap apa yg sedang dikendarai. Fokus itu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Seperti halnya pada saat berkendara dilarang sambil menggunakan handphone dan merokok karena itu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan," tuturnya.

Kesalahan dari pemotor tersebut tidak hanya merokok saat berkendara saja akan tetapi ada juga kelengkapan kendaraan yang masih kurang. Diantara pelanggarannya yakni pada Sim, Stnk mati, dan hanya menggunakan satu spion.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Jember agar tetap mengutamakan keselamatan dalam berkendara dengan menjaga konsentrasi dan fokus, pastikan dalam berkendara baik roda dua dan roda empat patuhi rambu dan aturan lalu lintas yg berlaku," pungkasnya.

Apalagi hal ini sudah diatur dalam Permenhub Nomor 12 tahun 2019 yang mengatur tentang perlindungan keselamatan pengguna motor. Salah satu pasal dalam aturan itu menyebutkan bahwa pengendara motor dilarang merokok sambil berkendara.


Reporter : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri

default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 2 / 320x100
default ads banner CODE: NEWS / MEDIUM / 300x250
default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 1 / 320x100
default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 2 / 320x100
default ads banner CODE: HOME / MEDIUM / 300x250
FOKUS BERITA