Peristiwa Daerah

Heboh ! Warga Gladak Anyar Pamekasan Temukan 14 Sisa Bahan Peledak Kuno


calendar_today 26/08/2019 - 17:49
default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 1 / 320x100

PAMEKASAN - Faisal Fagi, warga asal Dusun Rongkarong, Kelurahan Gladak Anyar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menemukan sisa bahan peledak kuno yang sudah karatan dibelakang rumahnya, Senin (26/08/2019).

Ditemukannya puluhan handak karatan itu saat Faisal menggali tanah dibelakang rumahnya. Niat hati, tanah hasil galian itu ingin digunakan sebagai bahan timbunan di rumahnya (urukan).

Saat digali, sedikitnya ada 14 butir handak (bahan peledak) kuno yang sudah karatan karena termakan usia.

"Saya temukan dibelakang rumah pada saat saya menggali tanah dibelakang rumah untuk membuat urukan tanah pada pondasi rumah saya yang baru dibangun," kata Faisal.

Lantaran khawatir benda itu meledak, Faisal langsung melaporkan temuannya itu ke Kodim 0826/Pamekasan.

Takut nyawa pemilik rumah melayang, ahirnya pihak Kodim turun langsung ke lokasi dan membawa bahan peledak itu. Selanjutnya, Kodim 0826/Pamekasan melakukan pengecekan dan netralisir handak tersebut.

Untuk mengecek benda tersebut, pihak Kodim 0826/Pamekasan juga melibatkan Kepala Tim Pemeliharaan (Katimhar) Madura, guna memastikan benda itu bahan peledak atau bukan.

Berdasarkan hasil pengecekan, Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura menuturkan, bahwa benda kuno itu bukan amunisi standar TNI/Polri, melainkan benda itu hanya handak yang sudah nonaktif karena sudah karatan tertimbun tanah selama puluhan tahun.

Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura menduga benda itu dulunya dipergunakan sebagai memecahkan batu oleh warga. Sebab didalamnya ada serbuk kimia.

"Bahan peledak itu bukan milik TNI atau Polri. Oleh sebab itu nantinya pihak Kodim akan menyerahkan ke polres setempat," jelas Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura.

Menurutnya, penemuan handak itu bukan hanya kali ini saja, melainkan beberapa tahun sila juga sempat menemukan hal serupa oleh warga.


Reporter : Faisol Jalaludin
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri

default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 2 / 320x100
default ads banner CODE: NEWS / MEDIUM / 300x250

TERPOPULER

default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 1 / 320x100
default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 2 / 320x100
default ads banner CODE: HOME / MEDIUM / 300x250
FOKUS BERITA