Edukasi

Era Digital, Diskominfo Probolinggo Berpesan Generasi Milenial Harus Bijak Manfaatkan Teknologi dan Medsos


calendar_today 29/08/2019 - 10:23
default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 1 / 320x100

PROBOLINGGO, - Alat komunikasi handphone di tangan bisa menjadi partner dan teman yang hebat apabila dimanfaatkan dengan baik. Tetapi sebaliknya, handphone bisa menjadi teman jatuh jika digunakan tidak baik. Oleh karena itu, gunakanlah internet secara bijak dan sehat. Sebab kejadian dimanapun bisa diketahui melalui handphone.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Infokom Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Ofie Agustin pada hari Rabu (18/8/2019) saat memberikan materi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) Tahun Akademik 2019/2020 di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Zainul Hasan (Zaha) Kraksaan.

“Kalau kita upload satu foto, maka seumur hidup foto itu tidak akan hilang dan akan tersimpan di dunia maya, meskipun fotonya sudah dihapus. Oleh karena itu kita harus bijak menggunakan dan memanfaatkan internet. Sebagai bukti, adanya kejadian viral karena begitu cepatnya penyebaran informasi,” katanya. 

Ofie meminta kepada seluruh mahasiswa baru agar sebelum upload foto dan lain sebagainya hendaknya disharing terlebih dahulu. Terlebih keberadaan media sosial saat ini sungguh sangat luar biasa.

“Orang yang awalnya tidak punya apa-apa, tapi dalam kurun waktu setahun bisa langsung menjadi milyader. Hal itu karena tiap hari upload sehingga tanpa sadar dia membuat sebuah branding yang banyak diketahui masyarakat,” jelasnya.

Menurut Ofie, tema yang diangkat dalam kegiatan ini sangat menarik di era digitali era industri 4.0. Dimana informasi yang didapatkan sekarang, kejadian hari ini juga kita bisa mengetahui.

“Kejadian belum selesai apapun itu kita bisa mengetahui. Misalnya melalui youtube, WhatsApp, Instagram dan Facebook. Youtube ada di urutan pertama karena pesan melalui video lebih mudah dipahami dari pada tulisan,” terangnya.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) Tahun Akademik 2019/2020 di STIH Zaha Kraksaan ini dilaksanakan mulai Senin hingga Kamis (26-29/8/2019). Kegiatan ini mengambil tema “Mewujudkan Mahasiswa Milenial Aktif, Kreatif dan Produktif di Era Digitalisasi”.

Selain Ofie Agustin, kegiatan yang diikuti oleh 100 orang mahasiswa baru angkatan 2019/2020 ini juga menghadirkan sejumlah narasumber dari Kodim 0820 Probolinggo dan Polres Probolinggo. 

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Zainul Hasan Hj. Khusnul Hitaminah mengungkapkan mahasiswa baru dalam memasuki kampus memerlukan kesiapan akademis, psikologis dan sosial. Serta perlu mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

“Saya berharap kepada mahasiswa baru, PK2MB ini dapat menjadi wahana bagi mahasiswa baru untuk mengenal secara utuh tentang STIH Zainul Hasan yang telah menjadi pilihan mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Kabupaten Probolinggo. Kami berharap mahasiswa baru ini memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, berdaya saing global, aktif, kreatif dan produktif,” harapnya.

Sedangkan Pembantu Ketua III Kemahasiswaan Mohammad Hendra mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai pengenalan kepada mahasiswa baru tentang lingkungan kampus.

“Karena mahasiswa baru dibekali 50 persen dari kampus berupa pengenalan akademik dan 50 persen berupa penguasaan wawasan kebangsaan yang nantinya akan menjadi pelopor kepada masyarakat sebagai pengendali awal, seperti hoax dan lain sebagainya,” ungkapnya.


Reporter : Ubaidillah
Editor : Hariyanto
Publisher : Alfina Putri

default ads banner CODE: NEWS / LARGE BANNER 2 / 320x100
default ads banner CODE: NEWS / MEDIUM / 300x250
default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 1 / 320x100
default ads banner CODE: HOME / LARGE BANNER 2 / 320x100
FOKUS BERITA